Cara Menenangkan Bayi Menangis Menurut Islam

Cara Menenangkan Bayi Menangis Menurut Islam

Cara menenangkan bayi menangis menurut islam – Merawat dan memiliki bayi adalah hal yang sangat menyenangkan dan penuh tantangan, apalagi bagi orang tua muda yang baru saja menikah. Disaat bayi menangis bahkan rewel Anda harus bersabar dan tidak perlu panik. Sebagai seorang muslim perlu Anda perlu ketahui tentang cara menenangkan bayi menangis menurut islam agar dapat segera tenang.

Mengapa Bayi Menangis

Alat komunikasi bayi adalah dengan tangisan karena mereka belum dapat berbicara menunjukan apa yang dirasakan. Bisa jadi karena lapa, haus, risih dengan kotoran dan najis yang mengenai badan, kembung, merasa lelah, cuaca panas , sakit atau pembawaan bayi yang memang suka menangis.

Lalu bagaimana cara menenangkan bayi menangis menurut islam yang benar ?

Berikut ini adalah cara menenangkan bayi menangis menurut islam agar segera tenang ketika sedang menangis di siang atau malam hari.

  1. Bacakan doa dan meminta pertolongan Allah

Doa ini kami kutip dari karya Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi, Al-Adzkar al-Muntakhabah min Kalaami Sayyid al-Abrar, (Surabaya: Kharisma, 1998), hal. 302:

 

بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَآءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

 

Bismillâhilladzî lâ yadlurru ma’a ismihi syaiun fil ardli wa lâ fis samâ`i wa huwas sami’ul ‘alim (dibaca tiga kali dan ditiupkan ke ubun-ubun anak)

“Dengan menyebut asma Allah, Dzat yang dengan asma-Nya, tidak akan bisa membahayakan apapun yang ada di bumi dan langit. Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

 

  1. Memberikan ASI

Secara Islam memang ada tuntutan untuk memberikan ASI penuh selama dua tahun. Itu adalah kewajiban semua ibu sehingga bisa memberikan nutrisi yang baik untuk bayi. Anda bisa tahu jika bayi rewel mungkin memang merasa lapar dan tidak nyaman.

  1. Memberikan Pelukan dan menggendongnya

Menggendong dan memberi pelukan hangat yang penuh kasih sayang dari seorang ibu dapat membuat bayi tenang karena kontak batin yang sangat kuat.

  1. Mengajak bermain

Anda bisa mencoba untuk mengajak bayi bermain mengajak bayi bicara, berjalan-jalan sambil digendong, mengayun bayi atau dengan mencoba membuat bayi merasa nyaman. Ini juga cara yang diajarkan oleh Rosulullah sehingga sesuai tuntutan Islam.

  1. Tunjukkan perasaan lembut

Saat bayi menangis mungkin mereka sebenarnya juga tahu jika orang tua sedang mengalami masalah. Perasaan bayi Anda bisa menjadi sangat sensitif sehingga mereka menangis untuk mengetahui keadaan itu. Jika seperti itu maka cobalah untuk membujuk bayi dengan perasaan yang lembut. Hilangkan amarah dari hati Anda dan cobalah untuk menggendong bayi Anda.

  1. Cobalah memberi mainan

Bayi sangat suka menghisap mainan atau benda tertentu. Karena itu Anda juga bisa mencoba memberikan mainan yang bisa membuat bayi menghisap. Jika bayi Anda sudah terbiasa menggunakan botol susu maka cobalah memberikan ASI dalam botol atau susu formula. Cara ini juga bisa membuat bayi merasa tenang dan nyaman

  1. Bacakan Sholawat dan Ayat ayat suci al qur’an

Hal ini menjadi satu dari sekian banyak keutamaan bagaimana ayat suci al-quran bisa memberikan ketenangan pada jiwa seseorang terutama pada bayi dan anak-anak.

Anda mungkin pernah melihat tayangan video dimana seorang bayi yang menangis tiba-tiba menjadi tenang dan diam tatkala ayahnya memperdengarkan ayat al-quran dari ponselnya. Memang sangat penting memperkenalkan Al Qur’an pada anak. Dengan sering meperdengarkan Murottal Al-Quran untuk anak sejak dini selain dapat menenangkan hati juga dapat membantu inisiasi perkembangan EQ dan IQ anak

Kini Anda dapat memperdengarkan Murottal pada Bayi Anda setiap saat dari “Speaker Murottal Qur’an TP 600” tanpa mengganggu aktifitas pribadi dan sosial yang Anda lakukan melalui ponsel.

Apa sih keunggulan dari Speaker Murottal Qur’an ?

  1. Sudah tersedia applikasi untuk Ruqyah Syar’iah.
  2. Berisi Al Quran 30 Juz lengkap, dengan Qori international dan Imam Masjidil Haram.
  3. Tahan lama dengan batery di charge dengan listrik.
  4. Secara otomatis bisa berpindah sendiri dari satu ayat maupun surat Al Quran satu ke urutan berikutnya, sehingga bisa di setel sepanjang waktu.
  5. Dapat diulang per Ayat, Surat maupun Juz dan ada terjemahannya (cocok untuk muroja’ah)
  6. Harganya murah, dan mudah untuk mendapatkannya.

Berikut gambar model dan warna dari Speaker Murottal Al Quran TP 600 yang user friendly, awet dan familiar :

Untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut mengenai Speaker Murottal Qur’an TP 600 sangat mudah.

Cukup SMS/WA ke Nomer 0895415447920

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *